Erick Thohir: Kunci Kemajuan Bangsa Membentuk SDM Ber-Akhlak

Erick Thohir: Kunci Kemajuan Bangsa Membentuk SDM Ber-Akhlak
Erick Thohir: Kunci Kemajuan Bangsa Membentuk SDM Ber-Akhlak (Foto : Istimewa)

Antv – Maju atau tidaknya sebuah bangsa tergantung bagaimana karakter sumber daya manusia (SDM) sebagai pengelola di dalamnya. Hanya SDM yang berkarakter baiklah yang akan mampu membawa kemajuan bangsa.

Karenanya, setiap warga negara dituntut punya karakter yang baik. Namun tidak mudah membentuk SDM berkarakter baik dengan nilai-nilai budaya tinggi sebuah bangsa.

Untuk itu, seluruh elemen bangsa yang peduli akan kemajuan bangsa perlu terus berupaya melalui berbagai aktivitas sosial keagamaan tanpa meninggalkan karakter budaya bangsa nan luhur.

Sejalan dengan upaya tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Repubik Indonesia Erick Thohir merumuskan Nilai - nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BUMN yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tertanggal 1 Juli 2020.

Core Value ini terdiri atas enam nilai, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, yang disingkat dengan AKHLAK.

Menteri Erick tidak ingin Core Value tersebut berlaku bagi lingkungan Kementerian BUMN namun juga diimplementasikan di seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Untuk itu, ia secara rutin menyelenggarakan aktivitas sosial keagaamaan yang bertajuk “Cahaya At Thohir”. Kegiatan yang menghadirkan para penceramah kondang.