Veronika, Sosok Perempuan Satu-Satunya yang Diwisuda Jadi Penerbang TNI AU

Veronika, Sosok Perempuan Satu-Satunya Penerbang Pesawat Tempur
Veronika, Sosok Perempuan Satu-Satunya Penerbang Pesawat Tempur (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

Antv – Veronika Sidabutar tak pernah menyangka dirinya akan menjadi seorang penerbang. Namun mimpi itu benar-benar terwujud saat dirinya diwisuda menjadi seorang penerbang pada hari ini, Rabu (11/1/2023).

Air mata Veronika bahkan langsung jatuh saat orang tuanya memasangkan lencana penerbang di bajunya. Momen itu terasa spesial karena sebagai penanda jika dirinya telah resmi menjadi seorang penerbang dengan pangkat Letda Pnb.

Yang lebih istimewa lagi, ia menjadi satu-satunya penerbang wanita dari total 37 orang yang diwisuda pada upacara Wingday Sekbang TNI AU Angkatan ke-101 dan Sekbang PTTA Angkatan ke-4. Adapun prosesi wisuda dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Ditemui seusai wisuda, Veronika mengaku sangat bangga bisa menjadi penerbang perempuan yang diwisuda hari ini.

"Perasaanya senang dan bangga sejauh ini sampai detik ini orang tua bisa hadir untuk menghadiri acara yang sangat bersejarah untuk kami," katanya kepada wartawan.

Veronika menceritakan perjalanan untuk menjadi seorang penerbang perempuan tidaklah mudah. Terlebih saat awal-awal akan masuk ke Sekolah Penerbang (Sekbang) di Lanud Adisutjipto.

Saat itu ia mengakui memang sempat ada rasa takut menjadi penerbang. Namun dengan keyakinan dan dorongan motivasi dari keluarga serta instruktur membuatnya justru semangat untuk menjadi penerbang TNI AU.