Ketua KPK Sebut Lukas Enembe Sehat Dulu Baru Bisa Diperiksa

Gubernur Papua Lukas Enembe.
Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto : Viva)

Antv –Ketua KPK Firli Bahuri akan memastikan kondisi kesehatan Gubernur Lukas Enembe sehat terlebih dahulu di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Langkah itu dilakukan sebelum Lukas menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta.

Lukas Enembe setibanya di Jakarta pada Selasa malam langsung dibawa ke RSPAD Jakarta untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Dokter spesialis syaraf dan jantung melakukan pemeriksaan Enembe sesuai keluhahan riwayat penyakitnya.

"Saya tidak bisa mengatakan keluhannya apa, karna itu kode etik kedokteran," kata Firli ditemui awak media di RSPAD Jakarta Pusat, Selasa 10 Januari 2023 malam.

Menurut Firli, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter RSPAD, baik itu melalui wawancara, keluhan dan riwayat pengobatan, pemeriksaan tanda vital dan fisik, serta pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan EKG dan pemeriksaan USG Jantung, Lukas Enembe disarankan tim dokter untuk dirawat sementara.

"Terhadap tersangka Lukas Enembe diperlukan perawatan sementara di RSPAD untuk kepentingan rencana tindak lanjut," ujarnya.

Seperti diberitakan Viva.co.id, Firli kembali menegaskan pemeriksaan kesehatan terhadap Lukas Enembe merupakan pemenuhan hak asasi manusia (HAM) tersangka.

"Kita juga harus memperhatikan serta mentaati semua ketentuan hukum dan asas asas yang berlaku dalam rangka pelaksanaan tugas pokok KPK yang salah satu di antaranya adalah menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia," tegasnya.