Seorang Nelayan Hilang, Diduga Dihantam Angin Kencang saat Melaut

Seorang Nelayan Hilang, Diduga Dihantam Angin Kencang saat Melaut
Seorang Nelayan Hilang, Diduga Dihantam Angin Kencang saat Melaut (Foto : antvklik-Erdika Mukdir)

Antv – Seorang nelayan bernama Muhammad Rafli (23) dinyatakan hilang setelah terjatuh dari perahu di sekitar perairan Desa Boneatiro, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (11/1/2023).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Aris Sofingi mengatakan nelayan tersebut hilang saat sedang memancing pada Selasa kemarin (10/1/2023), sekitar pukul 11.30 wita.

"Jadi korban ini keluar melaut sekitar 1 Nautical Mil dari Desa Boneatiro ke arah Tanjung Kamponea untuk mencari ikan dengan menggunakan sebuah perahu miliknya. Namun sekitar pukul 12.00 wita terjadi angin kencang di sekitar perairan tersebut," katanya.

Lebih lanjut Aris menjelaskan pasca angin itu atau sekitar pukul 13.00 wita korban sudah tak terlihat dan hanya terdapat sebuah perahu yang ditemukan oleh nelayan di sekitar tanjung.

"Kami menerima informasi itu dari Kepala Desa setempat pada Selasa malam (10/1/2023) tadi yang melaporkan warganya hilang saat tengah memancing dan kami langsung menurunkan tim ke sana dengan menggunakan Rescue Car membawa 1 Unit Rubber Boat beserta peralatan pendukung keselamatan lainnya untuk memberikan bantuan SAR," sambungnya.

Aris menambahkan jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Baubau sekitar 48 Kilometer hingga memakan waktu yang cukup lama untuk tiba di lokasi.

"Setibanya di lokasi, Tim Sar kemudian melakukan koordinasi berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan pagi tadi pukul 06.00 Wita Tim SAR Gabungan mulai melakukan pencarian," pungkasnya.