Viral Iring-iringan Pengantar Jenazah Terjang Banjir

Viral Iring-iringan Pengantar Jenazah Terjang Banjir
Viral Iring-iringan Pengantar Jenazah Terjang Banjir (Foto : antvklik-Slamet Prayitno)

Antv – Video amatir berdurasi satu menit empat detik viral di perpesanan Whatssap. Video tersebut mendokumentasikan rombongan warga Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sedang berjalan kaki mengangkut jenazah menerjang banjir.

Dalam rekaman ponsel tersebut tersebut nampak iring-iringan warga menggotong jenazah  dalam keranda berbalut kain hijau. Mereka terlihat berhati-hati  menyeberangi derasnya arus air setinggi perut orang dewasa.

Para pembawa jenazah tersebut rela berbasah-basahan 'nyebur' ke dalam genangan air setinggi 70 cm menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat.

Mereka pun terlihat melepas sandal hingga menjinjing sarung meski akhirnya tetap basah kuyup juga. Untuk kelancaran proses mengantar jenazah , warga pun sudah membatasi jalan yang kebanjiran tersebut dengan tali dan kayu.

Menurut Camat Klambu Rustam Aji, video dramatis aksi kerumunan pengangkut jenazah menyusuri genangan banjir tersebut berlangsung di Dusun Kayumas, Desa Menawan, Kecamatan Klambu, Grobogan, Jawa tengah.

"Warga harus membelah arus banjir sepanjang 60 meter menuju pemakaman karena ada warganya yang meninggal. Kegiatan itu memang sengaja direkam untuk kepentingan dokumentasi desa. Kejadian kemarin sore". ungkap Rustam, Selasa ( 10/1/2023)

Rombongan iring-iringan pengangkut jenazah tersebut terpaksa harus rela menerjang banjr, lantaran jalan tersebut merupakan jalan satu satunya akses jalan untuk menuju makam di Dusun Kayumas. Prosesi pemakaman tersebut pada akhirnya  berjalan  lancar karena lokasi makam tidak kebanjiran.