Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,6 Guncang Pacitan Dirasakan Warga Yogyakarta

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Pacitan Dirasakan Warga Yogyakarta
Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Pacitan Dirasakan Warga Yogyakarta (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Getaran gempa bumi yang terjadi di wilayah tenggara Pacitan, Jawa Timur (Jatim), dengan kekuatan magnitudo 5,6 pada Senin malam dirasakan warga di Yogyakarta.

Seorang pegawai salah satu perusahaan di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Novan Dwi Setiyanto mengaku merasakan getaran gempa cukup kencang kendati hanya beberapa detik.

"Lumayan cukup kencang tapi cuma beberapa detik," kata Novan Dwi Setiyanto saat dihubungi di Yogyakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin malam (9/1/2023).

Meski demikian, kata dia, getaran tersebut tidak sampai menyebabkan barang-barang di kantor tempatnya bekerja berjatuhan.

Karena yakin situasi masih kondusif, ia tidak merasa perlu berlari keluar ruangan untuk menyelamatkan diri. "Terasa agak sedikit digoyang tadi. Saya tidak keluar ruangan, tetap duduk di dalam kantor," ucap Novan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan selain dirasakan di daerah Pacitan, Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman, serta Kulon Progo, gempa juga terasa di Wonogiri, Purworejo, Cilacap, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk dengan skala intensitas II-III MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," kata dia melalui keterangan tertulis.