Dua Sungai di Brebes Meluap, Banjir Genangi Puluhan Rumah Warga

Dua Sungai di Brebes Meluap,  Banjir Genangi Puluhan Rumah Warga
Dua Sungai di Brebes Meluap, Banjir Genangi Puluhan Rumah Warga (Foto : antvklik-Otong Susilo)

Antv – Dampak dari meluapnya dua sungai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, puluhan rumah di Kecamatan Wanasri dan Kecamatan Bulamaba terendam banjir, Minggu (8/1/2023).

Dua sungai tersebut yakni Sungai Kluwut di Kecamatan Bulakamba dan sungai Layapan di Desa Dukuhwringin, Kecamatan Wanasari.

Camat Bulakamba Setiawan Nugroho mengatakan, sedikitnya ada 25 rumah di Desa Kluwut yang terdampak akibat limpasan sungai. Kebanyakan rumah yang terendam lokasinya berdekatan dengan sungai.

"Air mulai menggenangi pemukiman warga sekitar pukul 08.00 WIB tadi pagi. Saat ini kondisinya sudah mulai surut," katanya.

Pihaknya menjelaskan, limpasan di sungai Kluwut terjadi lantaran debit air sungai meningkat. Debit air dari wilayah hulu sungai cukup tinggi, meluap di sungai Kluwut.

Sementara itu, sungai Layapan yang berada di Desa Dukuhwringin meluap dan merendam kurang lebih 60 rumah. Luapan sungai terjadi lantaran mendapat kiriman dari Desa Sitanggal Kecamatan Larangan.

"Sejumlah rumah yang terdampak berada di RT 10, RT 12, RW 5 di Desa Dukuhwringin. Luapan ini diakibat kiriman air dari selatan," kata Camat Wanasari Nurudin.