Kepala BNPB Dorong Percepatan Pembangunan Rumbako di Cianjur

Kepala BNPB tinjau pembangunan rumah di Cianjur.
Kepala BNPB tinjau pembangunan rumah di Cianjur. (Foto : BNPB)

AntvKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto melakukan peninjauan pembangunan rumah di dua Desa yang terletak di Cianjur, Jawa Barat pada Jumat (6/1/2023).

Adapun lokasi peninjauan terletak di Desa Nagrak dan Desa Ciwalen. Rombongan bergerak dengan menggunakan sepeda motor untuk mempermudah akses menuju lokasi. Sesampainya dilokasi, Suharyanto melakukan pemantauan pembangunan Rumah Banua Tadulako (Rumbako) yang memiliki keunggulan Rumah Tahan Gempa (RTG).

Suharyanto juga menyerukan upaya percepatan pembangunan, mengingat warga terdampak sangat membutuhkan hunian pascagempa.

"Tolong dipercepat lagi proses pembangunannya, pastikan bangunan ini spesifikasinya sudah sesuai dengan kaidah Rumah Tahan Gempa," ujar Suharyanto kepada kepala pelaksana proyek pembangunan.

Disela kunjungannya, Suharyanto menyempatkan berdialog dengan warga yang sedang melihat rumahnya dalam proses pembangunan. Ungkapan rasa senang dihaturkan oleh Saleh salah satu warga Desa Nagrak yang rumahnya sedang dibangun.

"Saya berterima kasih pak, rumah saya telah dibangun kembali," ungkap Saleh.

Hal senada juga diungkapkan Aisyah warga salah satu warga di Kp Cipetir, Desa Ciwalen yang rumahnya dilakukan pembangunan.