Antisipasi Banjir Susulan, BPBD Kabupaten Tegal Pantau Sungai di Wilayahnya

Banjir di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.
Banjir di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (Foto : BNPB)

Antv –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal melakukan pemantuaan dan pemeriksaan daerah aliran sungai yang ada di wilayahnya. Sungai-sungai yang dimonitorng di antaranya Sungai Pekijingan, Rambut dan Cacaban.

BPBD setempat melakukan aktivitas tersebut bersama dengan Balai Pengelola Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tegal. Langkah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi potensi banjir susulan di wilayah Kabupaten Tegal.

Walaupun banjir di seluruh wilayah terdampak telah surut, Kepala Subbidang Prasarana dan Logistik BPBD Kabupaten Tegal Yulian Tri Handoko mengungkapkan bahwa wilayahnya masih sering diguyur hujan saat sore hari.

"Beberapa hai ini cuaca di Kabupaten Tegal setiap sore diguyur hujan," ungkap Yulian melalui pesan digital, Jumat (6/1/2023).

"Banjir telah suruh di wilayah terdampak, kecuali di Desa Sidakaton Kecamatan Dukuhturi berangsur surut dengan kondisi genangan sekitar 15 sentimeter," tuturnya.

"Saat ini kami secara aktif melakukan pemeriksaan area beberapa sungai untuk mengantisipasi potensi banjir susulan," tambahnya.

Sebelumnya sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Tegal diterjang banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (4/1/2023).