Ratusan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Gowa, Sulawesi Selatan

Kerusakan rumah akibat angin kencang di Gowa Sulawesi Selatan.
Kerusakan rumah akibat angin kencang di Gowa Sulawesi Selatan. (Foto : BNPB)

Antv –Warga bergotong royong untuk membersihkan puing-puing rumah yang rusak akibat angin kencang di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis petang (5/1/2023).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Goa dan unsur terkait lainnya membantu warga yang rumahnya terdampak bencana angin kencang.

Personel gabungan dari dinas pekerjaan umum, dinas sosial, TNI, Polri, petugas kecamatan dan kelurahan serta relawan berada di lokasi terdampak bersama warga.

Bencana ini mengakibatkan 116 unit rumah terdampak akibat angin kencang yang terjadi bersamaan dengan hujan lebat. Rumah warga yang mengalami rusak ringan sebanyak 33 unit, rusak sedang 9 dan rusak berat 1. BPDB tidak merinci tingkat kerusakan pada 75 unit rumah warga lainnya.

Meskipun terjadi kerusakan pada rumah warga, BPBD Kabupaten Gowa tidak mengidentifikasi adanya warga yang mengungsi. Berdasarkan informasi dari tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Gowa, warga terdampak berada pada sejumlah desa di 4 kecamatan yang merasakan fenomena angin kencang tersebut.

Desa atau kelurahan yang teridentifikasi antara lain, Desa Manjalling, Mandalle, Tanabangka, Borimatangkasa, Gentungang dan Kalemandalle di Kecamatan Bajeng Barat, Desa Moncobalang, Lembang Parang, Tamannyeleng, Biringala, Tinggimae dan Benteng Somba Opu di Kecamatan Barombang, serta dua kecamatan lainnya. 

Angin Kencang Kabupaten Takalar