Kabel dan Tiang Semrawut Akan Tuntas Dalam 5 Tahun di DKI Jakarta

Penampakan kabel yang semrawut.
Penampakan kabel yang semrawut. (Foto : Istimewa)

Antv –Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menuntaskan permasalahan kabel dan tiang semrawut dalam jangka waktu 5 tahun. Pemprov berjanji akan menyelesaikan dengan menurunkan kabel dan harus melalui jalur bawah tanah.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan menuntaskan dan merapikan utilitas yang berantakan di atas trotoar jalanan ibu kota. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, menargetkan Jakarta 5 tahun lagi akan terbebas dari tiang dan kabel utilitas yang semrawut tersebut.

“Jadi yang ada hanya lampu saja, nanti tidak ada lagi masalah tiang-tiang itu. Kita mulai mencabuti semua, mulai dari Jakarta Selatan, begitu kita perbaharui, masuk ke bawah, semua tiang kita cabuti. Kita siap bantu akan ada 400 tiang yang dicabuti,” kata Hari kepada wartawan di Jakarta, dikutip pada Kamis 5 Januari 2023.

Seperti ditulis Viva.co.id, Hari menuturkan, melalui proyek Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) baru 0,3% kabel utilitas yang sudah diturunkan. Sementara, untuk revitalisasi trotoar di Jakarta, Hari menyebut capaiannya baru 30%.

“Kalau trotoar kita revitalisasi baru 30%, otomatis baru 30%, masih banyak PR kita. Maka 4-5 tahun lagi akan bersih,” ujar dia.

Untuk diketahui, proyek SJUT ini dilakukan oleh 2 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yakni Sarana Jaya dan PT Jakarta Propertindo (JakPro).

“Jadi, intinya begitu kita revitalisasi trotoar itu, kabel kita turunkan melalui apa? SJUT. Kami berkomitmen, apalagi Perda Utilitas kan di dewan sudah dibahas pasal demi pasal, insya Allah tahun ini. Jadi itu yang jadi pegangan kita dalam melakukan SJUT lebih giat lagi,” jelasnya.