BPBD DKI Catat 19 RT Tergenang Air Akibat Hujan di Jakarta

Ilustrasi genangan air hujan.
Ilustrasi genangan air hujan. (Foto : Viva)

Antv –Wilayah DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Rabu, 4 Januari 2023. Menurut BPBD DKI Jakarta dampak hujan menimbulkan genangan di beberapa titik di Jakarta.

“BPBD DKI mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 2 RT, saat ini menjadi 19 RT atau 0,062 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangan resminya, Rabu, 4 Januari 2023.

Isnawa menyebutkan, ini merupakan data genangan air per pukul 17.00 WIB. Saat ini, pihaknya sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat.

“Untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat,” ujarnya.

Seperti ditulis Viva.co.id, Isnawa menyebutkan, genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu dekat. Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat untuk terus berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

“Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” ujarnya.

Adapun data wilayah terdampak akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berdasarkan data BPBD DKI yaitu: