Begini Penanganan Banjir Jangka Panjang di Wilayah Kota Pekalongan

Begini Penanganan Banjir Jangka Panjang di Wilayah Kota Pekalongan
Begini Penanganan Banjir Jangka Panjang di Wilayah Kota Pekalongan (Foto : antvklik-Edi Topan)

Antv – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan kunjungan ke wilayah Kota Pekalongan, di lokasi pengungsian yakni di Aula Kecamatan Pekalongan Barat, Selasa (3/1/2023). 

Terkait dengan banjir yang merendam pemukiman rumah warga yang diakibatkan curah hujan yang tinggi dan diperparah dengan luapan sungai Bremi dan sungai Meduri.

Di beberapa titik lokasi sungai Bremi dan sungai Meduri mengalami kerusakan sehingga air sungai meluap ke pemukiman warga.

Mantan Anggota DPR RI itu memastikan pihaknya akan terus melakukan penanganan bencana banjir di Jawa Tengah skala jangka panjang. Di antaranya polder, pompa air dan tanggul.

"Kemarin hampir seluruh usulan bupati/wali kota rata-rata adalah normalisasi sungai. Jadi, kita siapkan dari seluruhnya juga fasilitasi dari Pemprov. Tapi alhamdulillah kemarin respon pusat juga bagus tidak hanya BMKG terus kemudian BNPB, hari ini Pak Menteri PUPR datang ke Semarang," kata Ganjar Pranowo saat mengunjungi warga di lokasi pengungsian Aula Kecamatan Pekalongan Barat, Selasa ( 03/01/2023).

Dikatakannya, kedatangan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono didampingi Dirjen Sumber Daya Air dan Bina Marga untuk mengecek lokasi-lokasi banjir.

"Mudah-mudahan nanti akan ada perhitungan-perhitungan. Rasa-rasanya butuh pompa portabel. Maka, kita dorong untuk menyiapkan bantuan itu, termasuk di tempat lain," tuturnya.