Miris, Sudah 77 Tahun Jalan Penghubung Bandung-Cianjur-Garut Dibiarkan Rusak Parah

77 Tahun Jalan Penghubung Bandung-Cianjur-Garut Dibiarkan Rusak
77 Tahun Jalan Penghubung Bandung-Cianjur-Garut Dibiarkan Rusak (Foto : antvklik-Suhendar)

Antv – Sejak Negara Kesatuan Republik Indonesia merdeka, 77 tahun lalu, ruas jalan penghubung Bandung-Cianjur-Garut, Jawa Barat, di kampung Dewata, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, mengalami kerusakan parah.

Kepala Desa Tenjolaya, Ismawanto Soematri , mengatakan, sepanjang 20 kilometer yang menghubungkan Desa Sugihmukti dengan Desa Tenjolaya dan sekaligus Ruas jalan alternatif Kabupaten Bandung menuju Kabupaten Garut dan Cianjur kondisinya rusak parah sudah 77 tahun dan tidak pernah tersentuh perbaikan.

"Jalan tersebut sejak Indonesia Merdeka Tahun 1945 sudah mengalami kerusakan parah, sampai saat ini belum pernah tersentuh perbaikian," ungkap Ismawanto Soemantri, Selasa (03/01/2023).

Dikatakan Ismawanto, setiap kendaraan yang hendak melintas ke jalan tersebut harus ekstra hati- hati, karena sepanjang jalan yang rusak banyak bebatuan dan sangat licin. Apalagi jika melintas saat musim hujan, resiko jatuh pasti terjadi lantaran tergelincir.

"Jalan berbatu, berlubang dan licin ketika diguyur hujan," katanya.

Bahkan Ismawanto sering mengantarkan orang yang sakit maupun meninggal, saat melintasi jalan tersebut harus ektra hati-hati.

"Sudah mah jalannya licin, berbatu, berlubang, terus di pinggir jalan ada jurang, ekstra hati-hati agar semua selamat sampai tujuan," jelasnya.