Kemudi KM Raksasa Patah Terombang-Ambing, 65 Penumpang Berhasil Selamat

Proses evakuasi penumpang KM Raksasa di Pulau Seribu.
Proses evakuasi penumpang KM Raksasa di Pulau Seribu. (Foto : Istimewa)

Antv –Sebuah Kapal Tradisional KM Raksasa mengalami patah kemudi sehingga tidak bisa dikendalikan. Kapal sempat terombang-ambing di perairan Pulau Bokor, Kepulauan Seribu Selatan pada Minggu, 1 Januari 2023. Saat ini kapal berhasil dievakuasi.

Menurut Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Kepulauan Seribu, Ipda Putut Suryo, awalnya KM Raksasa bertolak dari dermaga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu menuju Dermaga Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara.

Tapi, di tengah perjalanan kapal patah kemudi hingga menyebabkan tidak bisa dikendalikan sehingga terombang-ambing di lautan.

"Jajaran Polres Kepulauan Seribu yang sedang melaksanakan pengamanan di Pulau Untung Jawa dibantu kapal nelayan langsung mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara). Tidak lama, jajaran Satuan Polair Polres Kepulauan Seribu juga turut membantu evakuasi para penumpang kapal KM. Raksasa", kata Putut kepada wartawan, Senin 2 Januari 2023.

Seperti diberitakan Viva.co.id, Putut mengatakan, sebanyak 65 orang penumpang kapal berhasil dievakuasi ke Pulau Untung. Kata Putut, kapal ditarik menggunakan kapal nelayan. Kemudian kapal juga mendapat pengawalan dari tim gabungan.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis di Pulau Untung, lanjutnya, seluruh penumpang dipastikan dalam keadaan sehat serta tidak mengalami cidera. Mereka lantas diantar menuju dermaga Kali Japat, Jakarta Utara menggunakan lapal milik KPLP dan dijemput oleh bus dari Polres Kepulauan Seribu.

"Alhamdulillah dengan respons cepat jajaran Polres Kepulauan Seribu bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait di lapangan, Kapal KM Raksasa beserta penumpang nya bisa dievakuasi ke tujuan dengan selamat," katanya lagi.