Banjir yang Sempat Merendam 5 Kecamatan Telah Surut di Pati, Jawa Tengah

Banjir di Pati, Jawa Tengah.
Banjir di Pati, Jawa Tengah. (Foto : BNPB)

Antv –Lima kecamatan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, yang terdampak banjir telah surut pada hari ini, Senin (2/1/2023). BPBD setempat memutakhirkan data terkini hingga pukul 12.00 WIB.

Banjir melanda sejumlah kecamatan sejak Sabtu (31/12/2023), pukul 03.00 WIB. Bencana banjir ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Pati selama satu minggu terakhir sehingga debit air Sungai Silugonggo yang berada di wilayah Kecamatan Juwana meluap.

Kelima kecamatan yang genangannya telah surut berada di Kecamatan Tambakromo, Kayen, Tayu, Margoyoso dan Batangan. Sedangkan enam kecamatan lain masih terpantau adanya genangan, yaitu di Kecamatan Gabus, Juwana, Sukolilo, Pati, Margorejo dan Dukuhseti.

Dari sejumlah kecamatan terdampak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati melaporkan 17 jiwa di Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, mengungsi di rumah kerabat yang berada di desa lain.

Disamping itu, di Desa Sejomulyo, Kecamatan pati, terdapat 1 warga mengungsi. Sedangkan di wilayah Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati, sebanyak 2 warga juga mengungsi sementara di rumah kerabat terdekat.

Pada wilayah Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan, sebanyak 15 jiwa (5 KK) mengungsi sementara waktu di rumah kerabat. Masih di kecamatan ini, sejumlah warga Desa Karangrowo juga masih mengungsi.

Petugas di lokasi terdampak masih memastikan jumlah warga yang melakukan pengungsian. Data yang berhasil dihimpun Pusat Pengendalian Operasi BNPB, sebanyak 4.521 jiwa (1.094 KK) terdampak yang tersebar pada sebelas kecamatan di Kabupaten Pati sejak Sabtu lalu (31/12/2022).