Petugas Gabungan Tes Urine Calon Penumpang di Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat

Petugas Gabungan Tes Urine Calon Penumpang di Pelabuhan
Petugas Gabungan Tes Urine Calon Penumpang di Pelabuhan (Foto : antvklik-Irwansyah)

Antv – Petugas kepolisian di Posko Pelayanan Terpadu (Posyan) Pelabuha Poto Tano, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumbawa Barat, melaksanakan tes urine kepada masyarakat calon penumpang di kawasan pelabuhan.

Kegiatan itu, dilakukan sejak Kamis (29/12/2022) dengan sasaran pengguna jasa pelabuhan atau calon penumpang dan pedagang asongan yang ada di kawasan Pelabuhan Poto Tano sekaligus pemasangan sticker dengan tulisan WAR ON DRUGS BNNK KSB.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi mengatakan, tujuan dari kegiatan itu dilakukan pemeriksaan guna mencegah penyebaran narkoba di wilayah NTB khususnya Kabupaten Sumbawa Barat menjelang Tahun Baru 2023.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk untuk menjaga Kamtibmas di Kabupaten Sumbawa Barat menjelang Tahun Baru 2023," katanya, Jumat (30/12/2022).

Ia juga menjelaskan, sasaran dari kegiatan ini yaitu para pengguna jasa pelabuhan seperti calon penumpang kapal, para sopir dan para pedagang yang setiap hari nerjualan di dalam kawasam pelabuhan.

"Hasil dari kegiatan, tim BNNK Sumbawa Barat melakukan pengambilan urine secara acak sebanyak 32 orang. 30 orang negatif dan 2 orang positif, untuk hasil positif diarahkan untuk rehabilitasi di wilayah masing masing," ungkapnya.

Dia menambahkan, Posyan Poto Tano disiagakan selama kepadatan arus lalu lintas selama musim liburan natal dan tahun baru untuk mencegah peredaran gelap narkoba.