BNN Sebut Apartemen-Rumah Kosong Jadi Lokasi Pemakai Narkoba Sejak Covid

Ilustrasi narkoba.
Ilustrasi narkoba. (Foto : U-Report)

AntvBNN menjelaskan terjadi pergeseran lokasi penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat saat pandemi Covid-19. Sebelum Covid masyarakat sering menggunakan narkoba di lokasi tempat hiburan malam.

"Ada tren perubahan tempat menggunakan narkotika. Kalau sebelumnya kita menggunakan, misalnya, indikator pokok bahwa tempat penggunaan narkotika adalah tempat-tempat hiburan," ujar Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Petrus Reinhard Golose kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Tren tersebut berganti ketika terjadi pandemi Covid-19. Para pengguna beralih ke lokasi apartemen dan rumah kosong.

"apartemen, rumah-rumah kosong, tempat-tempat tertentu,” ungkapnya.

Seperti diberitakan Viva.co.id, selain menemukan perbedaan tren terkait lokasi penggunaan narkotika sebelum dan sesudah COVID-19, Petrus juga mengungkap temuan lain.

Terdapat penurunan jumlah penyalah guna narkotika di wilayah perdesaan, meskipun di perkotaan meningkat 0,15 persen. Namun angka tersebut terkategori banyak karena jumlahnya naik dari 3,4 juta orang menjadi 3,6 juta orang.

Di beberapa daerah tertentu, katanya, khususnya masyarakat kalangan bawah kerap menyalahgunakan lem Aica-Aibon sebagai pengganti narkoba. Itulah yang kemudian digali lebih jauh oleh BNN dengan melakukan rehabilitasi di daerah-daerah tersebut.