Polri Perpanjang Operasi Damai Cartenz Papua Hingga Juni 2023

Apel pasukan TNI-Polri operasi di Provinsi Papua.
Apel pasukan TNI-Polri operasi di Provinsi Papua. (Foto : Viva)

AntvPolri memperpanjang operasi di tanah Provinsi Papua yang memiliki sandi Operasi Damai Cartens 2023 selama 6 bulan pada 1 Januari sampai 30 Juni 2023. Menurut Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo perpanjangan tersebut berdasarkan evaluasi dari Polri dan jajaran terkait.

“Untuk Operasi Damai Cartenz diperpanjang dan saat ini sedang dilakukan lintas ganti personel,” kata Dedi di Jakarta pada Kamis, 2 Desember 2022.

Dedi mengaku Operasi Damai Cartenz pada tahun ini lebih mengedepankan tindakan preventif dan persuasif kepada masyarakat Papua.

Dilansir dari Viva.co.id, Operasi Damai Cartenz sebelumnya dimulai dari 17 Januari sampai 31 Desember 2022. Operasi ini menggantikan operasi kepolisian sebelumnya, yakni Operasi Nemangkawi.

Pada Operasi Damai Cartenz melibatkan 1.925 personel terdiri atas personel Polda Papua yang didukung Markas Besar Polri, dan 101 personel TNI.

Operasi tersebut difokuskan di lima wilayah hukum polres saja, yakni Polres Kabupaten Pegunungan Bintang, Polres Kabupaten Yahukimo, Polres Kabupaten Nduga, Polres Kabupaten Intan Jaya, dan Polres Kabupaten Puncak Ilaga.

Operasi Damai Cartenz mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat, intelijen dan hubungan masyarakat didukung satuan tugas penegakan hukum.