Cuaca Buruk, Lion Air Rute Batam-Padang Gagal Mendarat

Cuaca Buruk, Lion Air Rute Batam-Padang Gagal Mendarat
Cuaca Buruk, Lion Air Rute Batam-Padang Gagal Mendarat (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Akibat cuaca buruk, maskapai Lion Air rute Kota Batam, Kepulauan Riau menuju Kota Padang, Sumatera Barat gagal mendarat di Bandara Internasional Minangkabau dan kembali ke Bandara Internasional Hang Nadim pada Kamis (29/12/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

“Lion Air penerbangan JT-144 rute Bandara Internasional Hang Nadim, Batam tujuan Padang melalui Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat pada Kamis (29/12/2022), melakukan pendaratan kembali di bandar udara asal untuk memastikan keselamatan penerbangan,” ujar Bagian Komunikasi Perusahaan Lion Air, Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi melalui telepon di Batam, seperti dikutip dari Antara, Kamis (29/12/2022).

Menurutnya, keputusan yang diambil pilot pesawat tersebut sudah tepat, sebagaimana standar operasional prosedur untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Pada saat itu kondisi cuaca kurang baik di Bandar Udara Minangkabau, yang tidak memenuhi kualifikasi atau persyaratan untuk operasional penerbangan (lepas landas dan mendarat), karena jarak pandang pendek. Maka dari itu, kami memilih memutar balik demi keamanan penumpang,” ucapnya.

Untuk saat ini, kata dia, pesawat tersebut sudah kembali diterbangkan setelah bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk penerbangan.

“Kami terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pihak yang terkait dalam menjalankan operasional dan layanan penerbangan. Kami juga sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang dan akan memperbarui sesuai perkembangan terkini,” kata dia.

Sementara itu, dihubungi terpisah, salah satu penumpang Syahril yang menaiki pesawat tersebut mengatakan pada saat kejadian pesawat sebenarnya sudah berada di atas Kota Padang, tapi karena cuaca buruk pesawat kembali lagi ke Batam.