PT KAI Sebut 32.800 Orang Keluar Dari Jakarta Hari Ini

Para penumpang menunggu keberangkatan di stasiun kereta.
Para penumpang menunggu keberangkatan di stasiun kereta. (Foto : Viva)

AntvPT KAI Daop 1 Jakarta menjelaskan volume keberangkatan maupun kedatangan kereta api jarak jauh mengalami peningkatan tinggi. Catatan PT KAI total terdapat 32.800 pengguna kereta api berangkat dari Daop 1 Jakarta. Dari jumlah tersebut sekitar 19.800 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan 32 KA.

Sedangkan 13.000 penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan 35 KA.

"Meski mengalami sedikit penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di waktu normal yakni dengan rata-rata sekitar 20 ribu penumpang berangkat perhari dari area Daop 1 Jakarta," ujar Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada wartawan, Kamis 29 Desember 2022.

Kata dia, saat ini tercatat 390 ribu tiket telah terjual untuk periode masa natal dan tahun baru 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan atau meningkat, mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga 8 Januari 2023 masih dijual.

Seperti diberitakan Viva.co.id, kadangkala bepergian dengan mengajak anak-anak itu sangat melelahkan, terlebih untuk anak dibawah lima tahun. Ada yang aktif berlari-lari dan bahkan ada yang menangis karena jenuh atau bosan menunggu jadwal keberangkatan KA-nya, sehingga pada akhirnya orang tua ataupun pendampingnya merasa kelelahan.

Untuk memberikan solusi dan mengurangi beban psikologis penumpang tersebut, KAI Daop 1 Jakarta juga sudah menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di stasiun diantaranya di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Cikarang.

Peningkatan layanan tersebut dilakukan karena pada momen libur nataru banyak penumpang yang bepergian bersama keluarga yang membawa anak kecil. Pada masa nataru 2022/2023, kata Eva, ketiga stasiun tersebut merupakan salah satu stasiun yang cukup padat dikunjungi oleh masyarakat, baik itu untuk KAJJ maupun KA lokal di area Daop 1 Jakarta.