KSAL Muhammad Ali Akan Tegakkan Hukum Laut di Perbatasan

KSAL Laksamana TNI  Muhammad Ali.
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali. (Foto : Tangkap layar youtube)

AntvKSAL Laksamana Muhammad Ali menjelaskan siap menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo untuk menjaga kedaulatan NKRI di laut. Termasuk menjaga kedaulan RI di wilayah perbatasan Laut China Selatan.

"Dari Bapak Presiden sudah ditekankan bahwa penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut, terutama di wilayah perbatasan di mana saja, tidak hanya Laut China Selatan, pokoknya di seluruh perbatasan laut harus ditingkatkan," kata Ali kepada awak media, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 28 Desember 2022.

Ali mengungkapkan, salah satu potensi kerawanan keamanan laut yang diidentifikasi adalah kegiatan penyelundupan, dan hal itu juga sudah menjadi bagian instruksi yang diterimanya dari Presiden Jokowi.

Dia mengatakan ada instruksi dari Presiden untuk mengatasi berbagai kegiatan ilegal yang ada di lautan.

"Bapak Presiden juga menekankan untuk mencegah, untuk menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut atau lewat laut lainnya," tambah Ali.

Selain itu seperti ditulis Viva.co.id, Ali juga mengaskan bahwa dirinya siap untuk melanjutkan berbagai program dan langkah positif yang dilakukan oleh Laksamana TNI Yudo Margono.

Menurut Ali, Yudo telah banyak melakukan pengembangan dan pembangunan kekuatan Angkatan Laut Indonesia.