BNPB Sebut Presiden Masih Pertimbangkan Pandemi Jadi Endemi Covid

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (tengah).
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (tengah). (Foto : BNPB)

AntvBNPB menjelaskan Presiden Joko Widodo masih mempertimbangkan sebelum menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun ini.

“Terkait pandemi menjadi endemi masih belum diputuskan. Presiden Jokowi juga masih mempertimbangkan kira-kira kalau PPKM ini dihentikan akan seperti apa. Nanti akan disampaikan secara resmi,” kata Suharyanto dikutip dari VIVA.co.id Selasa, 27 Desember 2022.

Ada banyak pertimbangan sebelum menghentikan PPKM. Diantaranya, Pemerintah terus mempersiapkan diri menghadapi transisi pandemi menjadi endemi. Pemerintah juga perlu mempertimbangkan situasi COVID-19 di sejumlah negara sebelum pada akhirnya memutuskan sebuah kebijakan baru.

“Endemi itu bukan hanya Indonesia yang bisa menyampaikan. Karena itu global, jadi harus dari WHO,” ujarnya.

Lebih lanjut seperti diberitakan Viva.co.id, Suharyanto mencontohkan yang saat ini China kembali mengalami lonjakan kasus COVID-19.

“Kalau kita lihat, rekan-rekan media juga tahu mungkin negara-negara lain juga ada yang melonjak ya. Seperti media mungkin ada yang memberitakan ada di China dan juga di Jepang,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan jawabannya ketika disinggung mengenai kapan penerbitan Keputusan Presiden tentang penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).