Cuaca Ekstrem, Banjir Landa Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi

Cuaca Ekstrem, Banjir Landa Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi
Cuaca Ekstrem, Banjir Landa Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Ciemas memicu terjadinya bencana banjir yang dikarenakan hujan deras turun sejak pagi hingga sore atau menjelang malam.

"Banjir ini dikarenakan debit air Sungai Cikalong di Kampung Purbasari, RT 02/03, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas meluap sehingga menjebol tanggul sepanjang enam meter dengan ketinggian 1,5 meter. Akibatnya air sungai tersebut masuk ke permukiman warga dan merendam sedikitnya delapan rumah," kata Kapolsek Ciemas Iptu Azhar Sunandar di Sukabumi, seperti dikutip dari Antara, Selasa, (27/12/2022).

Menurut Azhar, banjir sudah terjadi sejak Senin, (26/12) malam dan hingga kini beberapa rumah masih terendam air dengan ketinggian 30-50 cm.

Selain itu, sebagian warga yang rumahnya terendam banjir memilih untuk mengungsi ke kerabatnya yang ada di kampung tetangga.

Meskipun air sudah berangsur surut tetapi, hujan deras masih turun hingga saat ini yang bisa memicu terjadinya banjir susulan.

Maka dari itu, pihaknya menginstruksikan kepada personelnya untuk bersiaga di lokasi terdampak bencana.

Sampai saat ini, petugas dari Pemerintah Kecamatan Ciemas bersama sejumlah relawan masih siaga di lokasi bencana dan membantu warga untuk membersihkan sisa genangan lumpur.