Kapolresta Jayapura Sebut Tingkat Kejahatan di Wilayahnya Naik 392 Kasus

Kapolresta Jayapura: Tingkat Kejahatan Naik 392 Kasus
Kapolresta Jayapura: Tingkat Kejahatan Naik 392 Kasus (Foto : Istimewa)

Antv – Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor D Mackbon mengakui tingkat kejahatan di wilayahnya mengalami peningkatan dibanding tahun 2021 lalu yang tercatat 3.244 kasus.

"Memang benar di tahun 2022 terjadi kenaikan 392 kasus atau mencapai 3.636 kasus. Naiknya kasus kriminalitas diduga dipicu karena pelaku dalam keadaan dipengaruhi minuman keras dan kurang taat kepada norma-norma hukum yang berlaku, " kata Kombes Victor Mackbon, di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Senin (26/12/2022).

Lebih lanjut Kapolresta Jayapura menjelaskan, dari hasil penyelidikan terungkap sebagian pelaku melakukan tindak pidana bertujuan agar hasil kejahatannya digunakan untuk membeli narkoba jenis ganja.

Selain itu, meningkatnya kriminalitas dipengaruhi faktor ekonomi dan sosial dari pelaku tindak pidana.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya selalu berupaya memberikan imbauan kamtibmas terutama saat melakukan patroli dialogis, sambang bhabinkamtibmas dan kegiatan positif yang bersentuhan langsung dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan lainnya.

"Kegiatan itu bertujuan agar kamtibmas terjaga dan kondusif, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak pidana atau perbuatan melanggar hukum," kata Mackbon.

Mantan Wadirkrimsus Polda Papua menambahkan, untuk penyelesaian kasus tindak pidana tercatat 1.869 kasus atau menurun dibanding tahun 2021 yang tercatat 2.064 kasus.