BPBD Sebut 5 Wilayah di NTB Terdampak Bencana Karena Cuaca Ekstrem

BPBD Sebut 5 Wilayah di NTB Terdampak Bencana Karena Cuaca Ekstrem
BPBD Sebut 5 Wilayah di NTB Terdampak Bencana Karena Cuaca Ekstrem (Foto : Dok. bpbd.ntbprov.go.id)

Antv – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat sebanyak lima kabupaten dan kota di daerah itu terdampak bencana akibat cuaca ekstrem yang terjadi dalam tiga hari terakhir.

Kepala BPBD NTB Ruslan Abdul Gani mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, ada lima daerah yang terdampak bencana yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur, dan Kabupaten Bima.

"Ini data sementara yang kami terima akibat bencana yang terjadi sejak Jumat (23/12) hingga Sabtu (24/12) kemarin," ujar Ruslan Abdul Gani dihubungi melalui telepon di Mataram, seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/12/2022).

Lebih lanjut Ruslan merinci, untuk Kota Mataram dilanda gelombang pasang akibat tingginya permukaan air laut yang terjadi di Lingkungan Mapak, Jempong Baru sehingga menyebabkan tiga unit rumah rusak berat dan 17 kepala keluarga (KK) atau 68 jiwa harus diungsikan sementara ke tempat yang aman.

Selanjutnya di Kabupaten Lombok Tengah dengan jenis bencana banjir yang terjadi di dua desa, yakni Desa Mertak meliputi Dusun Mertak, Dusun Awang, Dudung Bumbang, Dusun Serenang dan Dusun Rangkep di Desa Kuta.

"Untuk Lombok Tengah total yang terdampak itu ada 199 KK atau 629 jiwa. Sedangkan untuk rumah rusak masih dalam pendataan," terangnya.

Untuk Kabupaten Lombok Barat terjadi di Kecamatan Gunung Sari, jenis bencana yang terjadi pohon tumbang akibat angin kencang yang disertai hujan dan kilat yang melanda Desa Penimbung.