Ditemukan 2 Korban Tewas Akibat Gempa M6,4 di California Utara AS

Akibat gempa di California Utara, Amerika Serikat.
Akibat gempa di California Utara, Amerika Serikat. (Foto : Reuters)

AntvGempa berkekuatan 6,4 skala Richter mengguncang pantai utara California Amerika Serikat yang terjadi pada dini hari pada Selasa (20/12/2022). Gempa menghancurkan rumah, jalan dan memutuskan aliran listrik yang menyebabkan ribuan penduduk tanpa aliran air dan listrik.

Menurut Kantor Sheriff Humboldt setidaknya puluhan orang terluka, dan dua lainnya ditemukan meninggal karena keadaan darurat yang terjadi selama atau setelah gempa.

Getaran gempa terjadi pada pukul 02.30 dini hari waktu setempat. Gempa kuat tersebut diikuti oleh gempa susulan yang terjadi sekitar 80 kali.

Gempa berpusat di 350 km utara San Francisco di lepas pantai Humboldt County. Wilayah tersebut merupakan sebuah daerah pedesaan yang terkenal dengan hutan redwood, makanan laut lokal, kayu, industri lokal dan peternakan sapi perah.

Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat pada hari Selasa untuk wilayah Humboldt County yang statusnya tanggap darurat gempa.

Wilayah ini juga dikenal dengan aktivitas seismik yang relatif sering, meskipun gempa terbaru tampaknya menyebabkan lebih banyak gangguan daripada yang lain dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut petugas pemadam kebakaran, gempa hari Selasa memicu kebakaran pada salah satu bangunan. Kobaran api dengan cepat dapat dipadamkan, dan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seorang penduduk yang terperangkap di dalam rumah.