Puncak Peringatan HKSN dan HDI tahun 2022, Mensos Serukan Penguatan Semangat Kesetiakawanan Sosial

Mensos Serukan Penguatan Semangat Kesetiakawanan Sosial
Mensos Serukan Penguatan Semangat Kesetiakawanan Sosial (Foto : Humas Kemensos)

Antv – Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) berlangsung meriah. Sebagai pembuka acara, ditampilkan tari pendet oleh 15 bocah perempuan penari.

Para penabuh gamelan adalah penyandang disabilitas yang telah unjuk kebolehan pada momen Pertemuan Tingkat Tinggi Penyandang Disabilitas Asia Pasifik di Jakarta beberapa waktu lalu.

Puncak peringatan HKSN dan HDI digelar di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Jl. Untung Suropati, di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerukan kembali pentingnya meneguhkan semangat kesetiakawanan sosial, yakni merajut solidaritas, tolong menolong, saling membantu dan saling perduli.

Mensos menyatakan, kita sebagai bangsa masih menghadapi berbagai tantangan. Kita menghadapi tantangan alam seperti bencana hidrometeorologi, bencana vulkanik, dan tektonik di berbagai daerah termasuk Kabupaten Cianjur.

Indonesia juga menghadapi tantangan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan tantangan sosial lainnya.

Untuk mengatasi semua itu, Mensos menyerukan agar semua elemen bangsa bersatu padu dan saling membantu. Pemerintah bergerak bersama semua potensi bangsa.