Gempa M6,4 Guncang California Utara Amerika Serikat

Kerusakan akibat gempa M6,4 di California Utara AS.
Kerusakan akibat gempa M6,4 di California Utara AS. (Foto : Reuters)

AntvGempa berkekuatan M6,4 mengguncang pantai utara California yang terjadi pada Selasa (20/12/2022). Gempa menyebabkan luka pada sedikitnya dua orang, merusak jalan, jembatan dan saluran listrik. Akibat tanpa listrik menyebabkan puluhan ribu rumah dan pertokoan gelap gulita.

Getaran gempa terjadi pada pukul 02.30 dini hari waktu setempat pada hari Selasa. Gempa tersebut diikuti oleh lebih dari puluhan gempa susulan. Pusat gempa berada pada 350 kilometer utara San Francisco di lepas pantai Humboldt County.

Wilayah tersebut terkenal daerah pedesaan yang kaya denga hutan kayu merahnya, makanan laut lokal, industri laut lokal, industri kayu dan peternakan sapi perah.

Wilayah ini juga dikenal dengan aktivitas seismik yang relatif sering, meskipun gempa terbaru tampaknya menyebabkan lebih banyak gangguan daripada yang lain dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire), gempa hari Selasa memicu satu kebakaran bangunan, yang dengan cepat dapat dipadamkan, dan menyebabkan dua bangunan lainnya runtuh.

Juru bicara Departemen tersebut Tran Beyea menjelaskan telah mendapat 70 panggilan darurat pasca gempa, termasuk satu laporan tentang seseorang yang terperangkap yang butuh diselamatkan.

Kantor sheriff setempat melaporkan dua orang terluka di dekat pusat gempa, di mana terjadi kerusakan rumah dan jalan. Salah satu korban adalah seorang anak dengan cedera kepala dan yang lainnya adalah orang tua dengan patah pinggul. Hal tersebut seperti dilaporkan media lokal yang mengutip kantor sheriff.