Anindya Bakrie Beberkan Potensi Besar Pasar Industri Kendaraan Listrik

Anindya Bakrie Beberkan Potensi Besar Pasar Industri Kendaraan Listrik
Anindya Bakrie Beberkan Potensi Besar Pasar Industri Kendaraan Listrik (Foto : Istimewa via VIVA.co.id)

Antv – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melalui anak usahanya, PT VKTR Teknologi Mobilitas, terus menggenjot penetrasi bisnis pada segmen kendaraan listrik yakni pada bus listrik. 

Hal ini bukan tanpa alasan, karena pangsa pasar di segmen tersebut memang masih sangat besar. 

Direktur Utama BNBR sekaligus Komisaris Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Anindya Bakrie menjelaskan, besarnya pangsa pasar bus listrik dapat dilihat dari total armada Transjakarta, yang berjumlah sekitar 10 ribu bus dan sudah berada dalam wacana untuk dielektrifikasi.

"Kemudian total bus di Indonesia itu 300 ribu bus. Apakah semua itu akan dielektrifikasi? Ujungnya iya, tapi pasti secara bertahap," kata Anindya dalam telekonferensi di public expose BNBR, seperti dikutip dari viva.co.id, Selasa (13/12/2022).

Karenanya, Anindya memastikan bahwa VKTR juga akan fokus kepada para pihak operator bus atau pemilik trayek, yang dimiliki oleh Pemda. 

"Karena paling tidak B-to-B, business to business dulu," ujarnya. 

Karena ke depannya, lanjut Anindya, akan ada cara pembiayaan yang lebih inovatif lagi, sehingga tidak perlu melalui Pemda. Melainkan kepada pihak end user, atau paling tidak kepada para operator bus itu sendiri.