Polemik Penggusuran Bangunana SDN Pondok Cina 1, Pemprov Bakal Tunda Pembangunan Masjid

Polemik Penggusuran SDN Pondok Cina 1, Pemprov Bakal Tunda
Polemik Penggusuran SDN Pondok Cina 1, Pemprov Bakal Tunda (Foto : antvklik-Mely Kasna)

Antv – Walikota Depok Mohammad Idris menyebut dirinya belum menerima kabar penundaan bantuan untuk pembangunan masjid raya di lahan SDN Pondok Cina (Pocin) 1 yang menuai polemik. Idris menyebut proses pembangunan masjid raya masih akan berproses. 

"Tidak ada pernyataan resmi dari mereka (Pemprov Jabar) ke saya, kita akan terus berproses. Saya belum menerima kabar (penundaan)," ujar Idris saat peresmian RS Primaya, Cilodong, Senin (12/12/2022).

Sementara dari keterangan resmi yang dikeluarkan oleh humas Pemprov Jabar, pihak Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perumahan dan Permukiman, akan menunda proses bantuan pembangunan apabila alih fungsi lahan masjid masih menjadi polemik. 

Bahkan Pemprov Jabar tidak menutup kemungkinan membatalkan proses bantuan pembangunan masjid raya di kawasan Margonda itu.

"Pemda Provinsi Jabar akan menunda proses bantuan pembangunan Masjid Margonda, bahkan tidak menutup kemungkinan bantuan tersebut akan dibatalkan," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jabar, Indra Maha, dikutip dari keterangan resminya.

Indra menjelaskan pihaknya mendorong Pemkot Depok untuk mengedepankan pendekatan dialogis untuk mencari solusi bersama. Termasuk dengan orang tua siswa yang keberatan atas relokasi dan alih fungsi lahan SDN Pocin 1 yang semula sebagai sarana pendidikan menjadi sarana ibadah. 

Indra juga menyebut agar alih fungsi lahan tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa.