BMKG: Hari Ini Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia
BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia, termasuk beberapa kota besar.

Dalam peringatan dini cuaca dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Senin (12/12/2022), potensi hujan lebat yang dapat disertai petir bisa diprakirakan terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara , Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau , Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Wilayah lain yang berpotensi hujan ada di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga memprakirakan potensi hujan dengan intensitas yang lebih ringan dapat terjadi di Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Secara khusus, kota-kota besar yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir pada hari ini yaitu Jambi, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Mataram, Pekanbaru dan Padang.

Untuk DKI Jakarta, hujan intensitas sedang dapat turun di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

Sementara hujan ringan dapat turun di Jakarta Timur dan Selatan pada siang hari serta Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada malam hari.