Komunitas Pencinta Sanggul Nusantara (PSN) Tampil Menawan Dukung Kebaya Goes To Unesco

PSN Tampil Menawan Dukung Kebaya Goes To Unesco
PSN Tampil Menawan Dukung Kebaya Goes To Unesco (Foto : antvklik-Nuryanto)

Antv – Upaya mendukung Kebaya menjadi Warisan Budaya Tak Benda ke Unesco, terus dilakukan oleh para perempuan berkebaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya yang tergabung dalam Pencinta Sanggul Nusantara atau PSN dengan menggelar event dukungan Kebaya Goes To Unesco bertajuk "Tampil Menawan Bersama" dengan berbagai pertunjukan seni dan fashion show kebaya.

Kegiatan digelar mulai dari Minishow Kebaya Goes To Unesco, sinopsis Kebaya Nusantara, Flashmob Tari Gambyong, hingga penampilan Kenyo Jogja serta tari-tarian nusantara.

Puncak kegiatan adalah deklarasi menuju Hari Kebaya Nasional sekaligus pengukuhan pengurus dan ketua PSN DIY.

Ketua Umum Pencinta Sanggul Nusantara, Ninoek W Sunaryo, mengungkapkan perkumpulan PENCINTA SANGGUL NUSANTARA merupakan perkumpulan perempuan yang berkomitmen merawat dan melestarikan sanggul nusantara, kebaya dan busana daerah yang merupakan warisan budaya adi luhur.

"Ada tiga bagian penting yang kami perjuangakan disini, yakni perempuan Pencinta Sanggul Nusantara merawat dan melestarikan Sanggul Nusantara, Kebaya dan Busana daerah," jelas Ninoek.

Didirikan oleh Titiek Wedowati, Ninoek W Sunaryo, Retno Wulandari dan Hesti Setya, saat ini keanggotaan Pecinta Sanggul Nusantara telah tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo. Surabaya, Bali, Flores dan akan berkembang di kota-kota lain baik dalam negeri maupun di luar negeri.