Berikut Alasan Pengiriman Pati dan Pamen Mabes Polri ke Filipina

Gedung Mabes Polri, Jakarta.
Gedung Mabes Polri, Jakarta. (Foto : Viva)

AntvMabes Polri mengirimkan tim yang berisi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) ke Filipina pada dini hari tadi. Mereka dikirim untu membahas kerja sama antara Polri dengan Philipine National Police (PNP).

"Sesuai dengan perintah Kapolri, kami membawa satu pati, sembilan pamen dominan berpangkat Kombes, satu pama dan satu PNS dari beberapa satker di Mabes Polri, enam personel dari Divhubinter dan lainnya berasal dari Baintelkam, Bareskrim, Baharkam, SOPS dan SSDM Polri," ucap pimpinan delegasi, Inspektur Jenderal Polisi Muh Abdul Kadir kepada wartawan, Minggu 11 Desember 2022.

Tim berangkat sekira pukul 01.10 WIB lewat penerbangan Philipne Airlines dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Tim tiba sekitar pukul 06.30 WIB waktu setempat di Ninoy Aquino International Airport.

Seperti ditulis VIVA.co.id, kata dia, tim bakal berada selama hampir satu pekan di sana. Mereka membahas seputar kerja sama antara Polri dengan PNS dalam rangka Philindo Police Joint Comitte (PPJC).

"Kerja sama Philindo Police ini sudah berlangsung sejak tahun 2005 didasari oleh nota kesepahaman pada 18 November 2005 yang ketika itu ditandatangani Kapolri Jenderal Sutanto dan Kepala PNP," ucap dia.

Bukan cuma itu, Abdul Kadir mengatakan bakal ada pula pembahasan untuk menyempurnakan kerja sama yang telah ada. Korps Bhayangkars sendiri konsen bakal membahas seputar perbatasan wilayah.

"Terkini delegasi Polri yang juga dominan dari Divhubinter terbang ke Filipina untuk menyempurnakan nota kesepahaman bersama PNP. Kadiv Hubinter Polri konsen dengan kerja sama di perbatasan negara, ke depan kami terus membangun komunikasi dengan negara lain yang berbatasan dengan Indonesia," kata dia lagi.