Sejumlah Negara Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur Via PMI

PMI terima bantuan dari negara sehabat untuk korban gempa Cianjur.
PMI terima bantuan dari negara sehabat untuk korban gempa Cianjur. (Foto : PMI)

Antv –Bantuan terus berdatangan ke Cianjur pasca gempa dengan skala M5,6 melanda kabupaten Cianjur di Jawa Barat. Bantuan datang dari luar negeri yang berasal dari negara sahabat dan masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri.

Bantuan dari luar negeri tersebut disalurkan oleh sejumlah lembaga kemanusiaan di tanah air termasuk Palang Merah Indonesia (PMI). Setidaknya ada tiga negara yang memberikan bantuan yaitu Thailand, Korea Selatan dan China memberi bantuan kepada warga Cianjur.

Bantuan dari Thailand sebesar USD 50.000 yang diserahkan langsung oleh dubes Thailand Prapan Disyatat di markas PMI ,Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, jumat (08/12/2022).

Selain dari Pemerintah Thailand, PMI juga menerima donasi dari Pemerintah China senilai USD 100.000 ,Pemerintah Korea Selatan Senilai USD 500.000 serta Diaspora Indonesia di Los Angeles sebesar USD 23.800.

Ketua umum PMI Jusuf Kalla (JK) menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dari negara tersebut yang telah berpartisipasi membantu warga Cianjur. JK juga menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada donatur yang telah mempercayakan bantuannya kepada PMI.

Donasi dan bantuan tersebut, dikatakan JK, merupakan wujud solidaritas kemanusiaan. Oleh karena itu, PMI akan menyalurkannya dengan sebaik mungkin untuk membantu masyarakat terdampak.

“Kami sudah sediakan fasilitas sanitasi serta layanan distribusi air yang sudah rutin beroperasi sejak H+1 gempa bumi. Kami juga sudah mendistribusikan bantuan dasar seperti paket makanan, kebersihan, hingga paket bayi. Layanan serta bantuan tersebut tentu butuh dukungan berbagai pihak untuk mempercepat pemulihan,” kata JK.