Dampak ASO, Masyarakat Kian Gencar Berburu STB untuk Beralih ke Siaran TV digital

Dampak ASO, Masyarakat Banyak Beralih ke Siaran TV digital
Dampak ASO, Masyarakat Banyak Beralih ke Siaran TV digital (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Dampak diterapkannya suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO), masyarakat langsung berbondong-bondong beralih ke siaran TV digital dengan berburu Set Top Box atau STB.

Hal itu terlihat berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia ketika sebelum dilakukan migrasi TV analog ke digital pada 2 November 2022, lalu, sampai sebulan dilakukan suntik mati TV analog.

"Kalau kita lihat pembelajaran dari Jabodetabek, ASO waktu itu tanggal 2 November lalu kita melihat setiap hari terjadi migrasi dari analog ke digital," ujar Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Peralihan dari siaran TV analog ke TV digital itu, kata Hellen, karena siaran televisi tersebut hiburan gratis yang bisa dinikmati masyarakat saat berada di rumah.

"Jadi, kami melihat mgirasinya itu kalau di Jabodetabek itu kenceng banget, sehingga waktu tanggal 1 November sebelum terjadinya ASO di Jabodetabek yang bisa menonton digital itu baru 46%. Tapi dalam waktu kurang dari satu bulan kira-kira tiga minggu kemudian itu sudah naik menjadi 70%. Jadi, migrasinya itu cepat sekali," tuturnya.

Nielsen Indonesia melakukan pengukuran penetrasi TV digital di 11 kota, di antaranya Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, dan Surakarta dari tanggal 1 November sampai 1 Desember 2022.

Dari ke-11 kota tersebut menunjukkan penetrasi signifikan yang beralih menggunakan siaran TV digital.