Takut Tenggelam, Ratusan Warga Terdampak Banjir Rob Gelar Demo di Jalur Pantura

Takut Tenggelam, Ratusan Warga Terdampak Banjir Rob Gelar Demo
Takut Tenggelam, Ratusan Warga Terdampak Banjir Rob Gelar Demo (Foto : antvklik-Syamsul Arifin)

AntvTakut tenggelam karena banjir rob, ratusan warga pesisir Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menggelar unjuk rasa di Kantor DPRD Kabupaten Demak, Kamis (8/12/2022).

Meski hujan turun deras  masyarakat pesisir pantai yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Rob (Gempur) ini tetap antusias  melakukan aksi demo untuk menyampaikan aspirasi kepada anggota dewan.

Koordinator aksi Syarifuddin Fahmi menjelaskan warga  meminta kepada wakil rakyat segera turun ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat terdampak rob khususnya di wilayah kecamatan Bonang. Menurut Fahmi hampir setiap hari selalu terjadi banjir rob, sehingga aktifitas warga menjadi terganggu.

"Rob sudah semakin meluas dan itu setiap hari terjadi, harusnya wakil rakyat turun dan melihat secara langsung bagaimana air rob menyengsarakan warga pesisir pantai," ucap Fahmi.

Selain meminta wakil rakyat datang ke lokasi terdampak rob, aksi demo yang sempat memacetkan jalur utama Pantura Demak-Semarang tersebut menuntut empat  hal yang harus dilakukan Bupati dan Wakil Rakyat

Tuntutan tersebut  adalah pemerintah perlu membuat blue print penanganan rob, meminta bupati dan DPRD mempresentasikan tanggul laut, realisasi  normalisasi sungai dan jalan utama Bonang sebagai jalur ekonomi warga.

"Kami meminta agar Bupati dan DPRD segera merealisasikan tuntutan kami, apabila tidak ditanggapi maka kami akan datang dengan masa yang lebih banyak," ucap koordinator aksi.