Tebing Longsor, Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh, Jalan Penghubung 2 Kecamatan Ambles

Tebing Longsor, Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh
Tebing Longsor, Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvJalur Utama penghubung Pacitan-Ponorogo, Jawa Timur lumpuh akibat tebing setinggi 10 Meter lebar 8 meter yang  berada di kilometer 33 Dusun Krajan RT 11 RW 03 Desa/Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan longsor.

Meterial longsor berupa bebatuan dan  tanah lumpur serta pepohonan menimbun penuh badan jalan  yang mengakibatkan akses jalan utama penghubung Pacitan Ponorogo tertutup total, Kamis, (8/12/2022) sekira pukul 02.30 WIB dini hari tadi.

Akibat longsor tersebut arus lalu lintas dari kedua arah macet total.  Meterial longsor yang menutup jalan membuat kendaraan tidak dapat melintas.

Menurut Kapten Agus Wahyono, .Danramil Tegalombi mengatakan longsor tersebut terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah setempat sejak Rabu kemarin.

Karena tidak kuat menahan debit air sehingga tebing di kilometer 33  jalur utama Ponorogo-Pacitan longsor pada dini hari tadi. Menutup jalan total dan mengakibatkan pengendara dari arah Ponorogo Pacitan dan sebaliknya masih belum bisa melewati.

"Pada hari Rabu 7 Desember 2022 sekitat pukul 20.30 WIB, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Tegalombo dan sekitarnya. Pukul 02.30 WIB hari kamis ini tebing setinggi 10 meter  tepatnya di Dusun Krajan RT 11 RW 03 Desa Tegalombolongsor yang mengakibatkan akses jalan utama penghubung Pacitan dan Ponorogo tertutup total material longsoran batu dan arus lalu lintas terganggu. Piket Koramil 0801/04 Tegalombo selanjutnya menuju ke lokasi kejadian dan memasang tanda bahaya, " katanya

Kapten Agus Wahyono menambahkan, saat ini aparat kepolisian, TNI dan masyarakat serta elemen relawan lain berada di lokasi. Melaksanakan pembersihan material longsoran dengan alat seadanya.