Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Astana Anyar Terafiliasi Kelompok JAD

Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Astana Anyar Terafiliasi Kelompok JAD
Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Astana Anyar Terafiliasi Kelompok JAD (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Terduga pelaku bom bunuh diri Polsek Astana Anyar, diduga tergabung dalam kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD). Aksi bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Rabu (7/12/2022) sekitar pukul 08.20 WIB.

"Pelaku terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung," ujar Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kepada awak media di tempat kejadian perkara dugaan bom bunuh diri di Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022). 

Terduga pelaku identik dengan nama Agus Sujatno (AS) alias Abu Muslim (AM). "Dari hasil pemeriksaan sidik jari, dan juga kita lihat dari face regocnation identik menyebutkan bahwa identitas pelaku adalah Agus Sujatno atau biasa dikenal dengan Agus Muslim," kata Kapolri.

Kapolri mengatakan, anggotanya terus bekerja untuk menuntaskan penyelidikan dan penyidikan peristiwa. "Seluruh tim, Satgas sudah saya perintahkan semuanya bergerak," ujar Kapolri menegaskan.

Jamaah Ansharut Daulah (JAD) merupakan organisasi terorisme yang berkiblat pada Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Berdasar sejarahnya, JAD terbentuk atas inisiatif Aman Abdurrahman di Nusakambangan pada medio 2014. 

Kala itu Aman memanggil orang dekatnya, Marwan alias Abu Musa dan Zainal Anshori ke Nusakambangan. Di sana, Aman menyampaikan niat membentuk Khilafah Islamiyah.