TNI AD Bersama BKKBN Ajak Semua Pihak Turunkan Angka Stunting

Kasad buka pelatihan teknis bagi fasilitator Kodim penurunan stunting.
Kasad buka pelatihan teknis bagi fasilitator Kodim penurunan stunting. (Foto : TNI AD)

AntvTNI Angkatan Darat berkolaborasi dengan BKKBN dalam rangka mempercepat penurunan stunting di Indonesia menggelar pelatihan teknis bagi Tim Fasilitator Kodim dan dibuka secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Gedung A.H. Nasution Mabesad, Jakarta. Rabu, (7/12/2022).

Kasad yang juga Duta Bapak Asuh Anak Stunting mengungkapkan bahwa dalam mempercepat penurunan stunting,TNI AD telah menindaklanjutinya dengan Dansatkowil (Danrem sampai dengan Danramil) menjadi Bapak Asuh Anak Stunting di tiap-tiap wilayah untuk melaksanakan pendataan, penyuluhan dan pencegahan stunting serta membantu pemenuhan gizi buruk di wilayah.

“Dengan dikukuhkan saya sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting maka satuan jajaran TNI Angkatan Darat bergerak cepat membantu BKKBN dalam penanganan stunting di wilayah, dan saya lihat pelaksanaan di lapangan kolaborasi TNI Angkatan Darat dan BKKBN telah berjalan dengan sangat bagus,” katanya.

Kasad berharap dengan kegiatan ini, para peserta pelatihan nantinya mampu melakukan penggerakan dan pembinaan penyelenggaraan pencegahan stunting kepada para Babinsa, melalui pendampingan keluarga, dan mampu menyusun rencana tindak lanjut kedepan dalam penyelenggaraan pencegahan stunting di wilayah.

Diakhir sambutannya, Kasad mengajak semua pihak untuk bergotong royong dan bahu membahu menuntaskan masalah stunting dengan harapan pada tahun 2024 mencapai target nasional sebesar 14 persen

“TNI Angkatan Darat mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting, sehingga menciptakan generasi penerus yang sehat, produktif, dan berkualitas,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala BKKBN RI dr Hasto Wardoyo, menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada Kasad dan seluruh satuan jajaran TNI AD yang telah ikut membantu penanganan stunting di wilayah.