Masjid Tertua di Kabupaten Tebo, Jambi, Terancam Terjun ke Sungai

Masjid Tertua di Kabupaten Tebo, Jambi, Terancam Terjun ke Sungai
Masjid Tertua di Kabupaten Tebo, Jambi, Terancam Terjun ke Sungai (Foto : antvklik-Tarmizi)

Antv – Sebuah bangunan masjid tertua di Kabupaten Tebo yang berada di Desa Mangun Jayo, Jambi terancam terjun ke sungai. Mirisnya lagi, turap penahan bangunan masjid tersebut saat ini sudah mulai amblas akibat diguyur hujan lebat tadi malam.

Masjid Nurul Jalal yang diperkirakan dibangun pada tahun 1916 tersebut saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, warga sekitar khawatir saat melaksanakan ibadah sholat, masjid tersebut terjun ke sungai.

Menurut warga sekitar, amblasnya turap penahan bangunan masjid itu diduga akibat diguyur hujan lebat. Warga juga menduga bahwa timbunan tanah pada bangunan turap tidak padat sehingga terjadinya amblas.    

"Lihatlah kondisinya sekarang, bangunan proyek ini lain dari yang lain. Bukannya kita mencaci ya, kami minta tbangunan turap ini supaya masjid jangan runtuh," kata warga sekitar M. Daut, pada Rabu (7/12/2022). 

Menurutnya, selain tempat menunaikan ibadah sholat, Masjid ini sering dijadikan ibu ibu tempat pengajian dan menimbah ilmu. Apalagi pada saat bulan suci ramadhan, masjid ini selalu ramai.

img_title
Posisi Masjid di Tepi Sungai dan Nyaris Tergerus. (Foto: antvklik-Tarmizi)

"Kami khawatir saat melakukan ibadah dan pengajian masjid ini roboh. Saat ini bangunan masjid sudah mulai retak," jelasnya.