Jelang Nikah, Kaesang akan Jalani Siraman dengan Air dari 7 Sumber Mata Air

Kaesang akan Jalani Siraman dengan Air dari 7 Sumber Mata Air
Kaesang akan Jalani Siraman dengan Air dari 7 Sumber Mata Air (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

AntvKaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menjalani serangkaian prosesi adat sebelum melangsungkan akad nikah. Salah satunya adalah prosesi siraman yang menjadi tradisi pengantin adat Jawa.

Pada prosesi tersebut, Kaesang dan Erina akan menggunakan tradisi berbeda. Putra bungsu Presiden Jokowi akan menggunakan adat Surakarta, sedangkan Erina dengan adat Yogyakarta.

"Siraman saya pakai (adat) Solo, midodareni saya juga pakai Solo. Dari keluarga Erina (pakai adat) Jogja," kata Kaesang kepada wartawan usai menjalani gladi pernikahan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta (RAY), Selasa (6/12/2022).

Upacara adat siraman adalah prosesi dalam rangkaian pernikahan adat Jawa yang dilakukan sehari sebelum ijab kabul. Siraman dilakukan dengan mengguyur air suci kepada calon pengantin.

Tradisi ini memiliki arti pembersihan secara fisik dan mental bagi kedua calon pengantin yang akan menikah. Tujuannya untuk membersihkan segala hal negatif yang dianggap bisa mengganggu proses pernikahan.

Pada prosesi siraman Kaesang akan dilakukan dengan menggunakan air suci yang diambil dari 7 sumber mata air.

"Ada dari rumah saya, ada salah satu masjid yang kemarin baru diresmikan (Masjid Syekh Zayed di Solo), rumah Erina. Lupa aku. Ada 7, lupa, list-nya di HP," terang Kaesang.