Gunung Kerinci Erupsi Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter, Berpotensi Ganggu Penerbangan

Gunung Kerinci Erupsi Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter
Gunung Kerinci Erupsi Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter (Foto : antvklik-Arizal Antoni)

Antv – Aktivitas Gunung Api Kerinci di Provinsi Jambi, kembali meningkat pada Selasa (6/12/2022), sejak subuh hingga pagi mengeluarkan semburan Abu vulkanik berwarna kecoklatan terlihat cukup tinggi oleh masyarakat kayu Aro, Kerinci. 

Nufo hutra salah seorang warga Kayu Aro mengatakan bahwa, Selasa pagi, Gunung Kerinci terlihat menyemburkan abu yang cukup tinggi dengan warna coklat. 

"Pagi ini sekitar pukul 08.30 wib Gunung Kerinci masih mengeluarkan semburan cukup tinggi namun arahnya ke bagian Sumatra barat," katanya 

Nufo menambahkan, kejadian semburan ini tidak berdampak pada aktivitas warga. Masyarakat tidak terganggu dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Kerinci, karena sebelumnya juga pernah terjadi hal yang sama beberapa bulan lalu.

"Semburan Abu vulkanik dari kawah gunung Kerinci terlihat pagi ini oleh warga, kalau kemarin tidak ada semburan, kita berharap tidak terjadi apa-apa,"tuturnya.

Kepala Pos pemantau Gunung Kerinci Irwan yang dihubungi via ponselnya, membenarkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Kerinci pada hari ini, Selasa (6/12/2022), sejak subuh hingga pagi sekitar jam 07.00 WIB.

Aktivitas yang terdeteksi adalah tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 4.505 m di atas permukaan laut).