Sempat Lumpuh, Jalur Penghubung Kebumen-Banjarnegara Kembali Bisa Dilalui

Sempat Lumpuh, Jalur Penghubung Kebumen-Banjarnegara Bisa Dilalui
Sempat Lumpuh, Jalur Penghubung Kebumen-Banjarnegara Bisa Dilalui (Foto : antvklik-Wahyu Kurniawan)

AntvSempat lumpuh tertimbun longsor, akses jalan Kebumen menuju Banjarnegara tepatnya di Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam, maupun sebaliknya kembali normal, Senin (5/12/2022) siang

Pasca longsor tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Dinas PUPR dan relawan bergotong royong membersihkan dan menyingkirkan material longsor yang menutupi badan jalan dibantu satu alat berat.

Saat ini, jalur antar kabupaten tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Aktifitas warga sekitar pun, mulai kembali normal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Haryono Wahyudi mengatakan setelah kejadian longsor pada Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 16.00 WIB, membuat jalur Lokidang tembus Banjarnegara tertutup tak bisa dilalui kendaraan.

"Siang tadi (Senin) pukul 12.00 WIB baru seluruh material longsor berupa tanah dan pepohonan yang menutup badan jalan baru selesai disingkirkan," terang Haryono kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Setelah hampir 12 jam akhirnya jalur arus transportasi baik dari Kebumen menuju Banjarnegara dan sebaliknya sudah lancar dan bisa dilalui semua kendaraan baik roda dua dan empat. 

"Ada 10 titik longsor yang membuat alat berat kami hingga Senin sore masih di lokasi membersihkan material tanah longsor," ucapnya.