Banjir Rob Genangi Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas

Banjir Rob Genangi Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas
Banjir Rob Genangi Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (Foto : antvklik-Didiet Cordiaz)

AntvKawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang tergenang banjir rob, Jumat (2/12/2022). Ketinggian air bervariasi mulai dari mata kaki hingga sepinggang orang dewasa.

Dalam pantauan, air rob mulai menggenang di pintu masuk Pos IV Tanjung Emas. Sopir kontainer, Bambang menyebut genangan rob tertinggi berada di depan PT. Berkah Emas Sumber Terang (BEST) setinggi pinggang orang dewasa.

Akibatnya, kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dianjurkan untuk melewati jalan depan pabrik tersebut karena dikhawatirkan mengalami mogok. “Aktvitas pabrik juga off (dihentikan) soalnya genangan air rob tinggi. Tapi setelah Pabrik BEST itu jalanan kering,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Bambang menjelaskan banjir rob ini ia ketahui ketika hendak melakukan bongkar muatan peti kemas di pabriknya. Pada saat itu, di depan pintu masuk Pos IV, dirinya melihat ada gerombolan orang yang tak kunjung masuk ke dalam kawasan tersebut karena banjir rob.

“Pukul 06.30 WIB, saya pas mau bongkar terus lihat di pintu masuk kok banyak orang gerombol ada apa ternyata ada rob,” jelasnya.

Menurutnya, banjir rob ini terjadi karena melimpahnya air dari Pos I yang kemudian meluber ke Pos IV. Dirinya juga kaget, PT Lamicitra yang biasanya tergenang air rob saat ini tidak terdampak.

“Robnya karena meluapnya air yang ada di Pos I. Itukan karena meluap dan hujan,” terangnya.