Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Yudo akan Digelar Besok

Calon Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono.
Calon Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono. (Foto : TNI AL)

AntvKomisi I DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022). Agenda itu akan dijadwalkan mulai Jumat siang.

"Betul. Komisi I akan menggelar fit and proper test calon panglima besok. Satu hari penuh ya. Dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (1/12/2022).

Agenda tersebut akan mendengarkan penjelasan visi dan misi dari Laksamana Yudo selama sekitar 30 menit.

"Lalu, mendengarkan visi misi dan pendalaman dalam rapat pukul 13.30 WIB. Penyampaian visi misi oleh calon panglima disepakati dalam rapat internal komisi; 30 menit," jelas Meutya.

Lebih lanjut seperti diberitakan VIVA.co.id, dia menjelaskan, mekanisme dari pelaksanaan fit and proper test itu akan digelar secara terbuka. Namun, bila nanti dalam pemaparan isinya berupa strategi dan sifatnya rahasia, akan tertutup.

"Direncanakan dilakukan terbuka. Kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup," ujarnya.

Meutya menambahkan, rangkaian terakhir dari fit and proper test itu adalah mengunjungi kediaman orang nomor satu dari matra angkatan laut tersebut.