Lucky Bayu Purnomo Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi dan Keuangan dengan Predikat Sangat Memuaskan

Lucky Bayu Purnomo Raih Gelar Doktor  Ilmu Ekonomi dan Ilmu Keuangan
Lucky Bayu Purnomo Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi dan Ilmu Keuangan (Foto : Istimewa)

Antv – Lucky Bayu Purnomo berhasil meraih gelar doktor dengan hasil dan predikat SANGAT MEMUASKAN melalui disertasi dengan judul penemuan harga saham perbankan di Bursa Efek Indonesia.

Sidang Terbuka Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ilmu Keuangan Universitas Trisakti di laksanakan pada Senin (28/11/2022).

Bertindak selaku Promotor adalah Prof. Dr. Adler H. Manurung, ME, M.Com, Co-Promotor Dr. Bahtiar Usman MM. dan Sidang terbuka di Pimpin oleh Ketua sidang Dr. Yolanda Masnita Siagian, MM, CIRR, disertai anggota Prof. Farah Margaretha, ME, Ph.D, Prof. Dr. Hamdy Hady, DEA, Dr. Henny Setyo Lestari, MM , Dr. Ivan Malik.

Dalam disertasinya, Lucky Bayu Purnomo menjelaskan, tujuan penelitannya adalah penemuan harga saham di Bursa Efek Indonesia, sehingga investor dan pelaku transaksi harga saham di Bursa Efek Indonesia dapat memperoleh kesepakatan harga transaksi berdasarkan kinerja volatilitas harga, volume harga, frekuensi harga, momentum harga dan foreign net buying.

Price Discovery atau penemuan harga membuktikan bahwa pentingnya penemuan harga transaksi melalui pemahaman proses terbentuknya harga berdasarkan ketersediaan harga di pasar yang sangat beragam dan dinamis, hingga di perlukan nya proses penyelidikan harga dalam kondisi harga normal maupun ketidaksempurnaan dari harga itu sendiri.

Price discovery atau penemuan harga memiliki berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan penyelidikan harga, menghitung biaya yang di keluarkan untuk melakukan eksekusi suatu harga, memperhitungkan Resiko harga, melihat apresiasi jumlah pembeli dan penjual hingga biaya penyelesaian atas transaksi tersebut, sehingga mencapai hasil transaksi yang optimal.

Beberapa fenomena yang terjadi pada proses transaksi harga saham di Bursa Efek Indonesia, adalah Investor ingin mencapai kesepakatan harga untuk meghasilkan kinerja transaksi yang optimal dengan melakukan proses tawar menawar melalui ketersediaan harga saham yang beragam.