Berhubungan Seks di Luar Nikah Bisa Diancam Hukuman 1 Tahun Penjara

Berhubungan Seks di Luar Nikah Bisa Diancam Hukuman 1 tahun Penjara
Berhubungan Seks di Luar Nikah Bisa Diancam Hukuman 1 tahun Penjara (Foto : Ilustrasi-hellosehat.com)

Antv – Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) terbaru akan segera disahkan oleh anggota DPR beberapa hari lagi. Pada draf KUHP ada salah satu pasal baru yaitu soal berhubungan seks di luar pernikahan dengan diancam penjara 1 tahun.

Pasal 413 ayat 1 berbunyi “Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II,”

Dalam RKUHP tersebut, juga mengatur soal pasangan yang tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan atau biasa disebut kumpul kebo.

“Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II,” demikian bunyi Pasal 414 ayat 1 RKUHP.

Pasal tersebut baru bisa berlaku apabila ada pengaduan oleh suami atau istri bagi orang yang terikat perkawinan atau orang tua atau anaknya bagi orang yang tidak terikat perkawinan.

"Pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di sidang pengadilan belum dimulai," bunyi Pasal 413 ayat 4.

Dalam RKUHP, juga mengatur soal pasangan yang tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan atau biasa disebut kumpul kebo.