KSAL Laksamana TNI Yudo Margon Dianugerahi Gelar Penguasa Laut dari Sultan Ternate

Laksamana Yudo Dianugerahi Gelar Penguasa Laut dari Sultan Ternate
Laksamana Yudo Dianugerahi Gelar Penguasa Laut dari Sultan Ternate (Foto : Dinas Penerangan Angkatan Laut.)

Antv – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan gelar kehormatan "Sangaji Ori Ma Ahi Malamo", sebuah gelar adat Kesultanan Ternate yang diberikan Sultan Hidyatullah Sjah yang merupakan Sultan Ternate ke-49.

"Suatu kehormatan bagi saya yang telah diberikan gelar kehormatan Kesultanan Ternate dengan nama Sangaji Ori Ma Ahi Malamo," kata Yudo Margono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Menurut Yudo, gelar ini bukan hal yang ringan untuk diberikan kepada dirinya karena gelar ini memberikan konsekuensi yang harus ia laksanakan.

Kasal juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Sultan Ternate serta Keluarga Besar Kesultanan Ternate.

"Mulai hari ini, kami semuanya telah menjadi keluarga besar Kesultanan Ternate. Sebagai keluarga tentunya memiliki tanggung jawab moral pada Kesultanan Ternate," ucap Yudo.

Sementara itu, Sultan Ternate Hidyatullah Sjah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yudo Margono karena telah berkenan dikukuhkan dengan gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate selaku "Sangaji Ori Ma Ahi Malamo" sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat Ternate.

"Saya berharap semoga dengan gelar ini Laksamana Yudo diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengemban segala tugas, amanah dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini di wilayah maritim," ujarnya.