Yonbekang-1 dan Yonzipur-9 Kostrad Bantu Kebutuhan Makan dan Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Yonbekang-1 dan Yonzipur-9 Kostrad Bantu Makanan dan  Kesehatan
Yonbekang-1 dan Yonzipur-9 Kostrad Bantu Makanan dan Kesehatan (Foto : Penerangan Kostrad)

Antv – Pasca gempa bumi yang melanda Kab. Cianjur, 21 November lalu, Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memerintahkan satuan jajarannya agar bergerak cepat ke lokasi bencana untuk membantu warga.

Salah satunya adalah Yonbekang-1 Kostrad yang langsung merespon dengan mengerahkan 85 orang personelnya dipimpin Wadanyonbekang-1 Mayor Cba Dwi Sukohadi dengan prioritas tugas menyiapkan kebutuhan makan bagi warga di beberapa titik terdampak, terutama di wilayah Kec. Cugenang, seperti terlihat di Kp. Kopeng, Desa Nagrak, Sukabumi, Kamis (24/11/2022).

Untuk mendukung penanggulangan bencana alam di Cianjur, Yonbekang-1 mendirikan enam Dapur Lapangan di titik-titik yang menjadi lokasi penampungan, diantaranya di Kp. Cileungsi, Kp. Maleber, Kp. Sarongge, Kp. Kopeng, Kp. Cipendawa dan Pendopo Tumaritis Kab. Cianjur.

Menurut Pasiintel Yonbekang-1 Lettu Cba Teza Adithya Utama, Dapur-dapur Lapangan tersebut setiap harinya menyiapkan makan pagi, siang dan malam.

Setidaknya pihaknya mendistribusikan sekitar 2.000-2.500 bungkus nasi kepada warga terdampak.

"Kami mulai memasak pagi hari mulai pukul tiga dini hari, dilanjutkan pukul sepuluh pagi untuk siapkan makan siang dan untuk makan malam mulai pukul empat sore. Setelah jadi kita langsung distribusikan dan khusus untuk lokasi yang sulit dijangkau, personel kami dibantu warga mendatanginya secara langsung ke tenda-tenda penampungan," ujarnya.

Selain Yonbekang-1, Yonzipur-9 Kostrad juga aktif memberikan bantuan pasca bencana.